Cara Reparasi dan Menghidupkan IC EMMC Mati / Error

Cara Reparasi dan Menghidupkan IC EMMC Mati / Error

Berikut adalah rangkuman tentang cara menghidupkan kembali IC EMMC yang mati atau mengalami error versi M-inspirasi. Rangkuman ini mungkin bermanfaat bagi para teknisi yang memiliki banyak IC EMMC yang rusak, mati, atau error dan ingin mencoba memperbaiki dan menghidupkan kembali EMMC yang mati atau rusak agar dapat berfungsi normal kembali.

Meskipun performanya mungkin tidak sebaik IC EMMC yang baru, namun terkadang IC EMMC yang rusak atau error masih dapat diperbaiki dan masih memiliki peluang untuk dihidupkan kembali. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan peluang IC EMMC untuk diperbaiki dan dihidupkan kembali setelah mengalami error, mati, atau rusak:

  • Jika kalian mengalami kerusakan pada IC EMMC, seperti EMMC Crash System, masih ada kemungkinan untuk memperbaikinya dengan melakukan Update FFU sesuai dengan seri IC EMMC yang rusak.
  • Apabila kalian mengalami EMMC Error Partisi, masih ada upaya yang dapat dilakukan dengan melakukan pemartisian ulang menggunakan Factory Erase dan Factory Reset melalui Box EMMC.
  • Tetapi, jika IC EMMC tidak dapat terbaca di box saat kalian mengidentifikasinya, masih ada kemungkinan untuk memperbaikinya dengan metode Test Point (TP) yang biasanya terdapat pada Pin Out seri EMMC yang mengalami kerusakan.
  • Jika kalian mengalami masalah dengan jumper ground, coba lakukan jumper dari test point ke ground. Jika IC EMMC masih terdeteksi, kemungkinan besar masih bisa diperbaiki dengan melakukan partisi ulang.

    Namun, jika masih tidak terdeteksi, kemungkinan kesalahan ada pada jumper yang tidak tepat atau tidak pas. Pastikan untuk memeriksa kabel jumper dengan baik.

    Jika kalian yakin jumper sudah benar dan pas namun masih tidak terdeteksi, lakukan setting VCCQ dan VCC sesuai dengan permintaan arus dari pabrikan. Contohnya, mungkin ada yang menggunakan VCCQ 1.8V, VCC 3V, VCCQ 2.8V, dan VCC 3Volt. Coba setting hingga dapat terkoneksi. Jika sudah dilakukan demikian dan masih tidak ada hasil, kemungkinan besar IC EMMC sudah mati total.

    Demikianlah informasi seputar cara menghidupkan kembali IC EMMC yang mati atau error. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi sobat Flasher. Kami akan membahas mengenai FFU dan hal lainnya jika ada waktu. Terima kasih.

    You may like these posts