Cara Mudah Membuat Link Artikel Blog Terbuka di Tab Baru

Cara Mudah Membuat Link Artikel Blog Terbuka di Tab Baru

Dalam membuat artikel blog, tentu saja hal yang sangat penting adalah menarik perhatian pembaca. Selain itu, memudahkan pembaca untuk mengakses artikel lain yang berkaitan juga menjadi salah satu cara untuk membuat blog lebih menarik. Salah satu caranya adalah dengan membuat link artikel blog terbuka di tab baru. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Link adalah tautan yang menghubungkan satu halaman ke halaman lainnya. Pada umumnya, link tersebut akan membuka halaman baru saat di klik. Cara membuat link artikel blog terbuka di tab baru tidaklah sulit. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menambahkan target="_blank" pada tag a.

Tag a merupakan tag hyperlink pada HTML yang digunakan untuk membuat link pada teks atau gambar. Penambahan target="_blank" pada tag a akan membuat halaman baru terbuka saat link tersebut di klik. Berikut adalah contoh tag a yang sudah diberi target="_blank":

<a href="https://www.contohblog.com/artikel-1/" target="_blank">Artikel 1</a>

Setelah menambahkan target="_blank" pada tag a, langkah selanjutnya adalah menambahkan rel="noopener noreferrer". Rel ini berfungsi untuk menghindari adanya exploitasi pada halaman baru yang dibuka. Adapun noopener digunakan untuk mencegah halaman baru mengakses window.opener, sedangkan noreferrer digunakan untuk menghilangkan referer header saat link tersebut di klik.

Berikut adalah contoh tag a yang sudah diberi target="_blank" dan rel="noopener noreferrer":

<a href="https://www.contohblog.com/artikel-1/" target="_blank" rel="noopener noreferrer">Artikel 1</a>

Jika Anda menggunakan platform blogging seperti WordPress, Anda dapat membuat link artikel blog terbuka di tab baru dengan mudah. Pada editor artikel, pilih teks atau gambar yang ingin dijadikan link. Kemudian, klik ikon hyperlink pada toolbar atau gunakan kombinasi keyboard Ctrl+K (Windows) atau Command+K (Mac). Setelah itu, masukkan URL artikel yang ingin dihubungkan pada field URL dan beri target="_blank" dan rel="noopener noreferrer" pada field rel.

Demikianlah cara membuat link artikel blog terbuka di tab baru. Selain lebih memudahkan pembaca untuk mengakses artikel lain yang berkaitan, cara ini juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat blog Anda lebih profesional. Namun, perlu diingat bahwa terlalu banyak membuka halaman baru dapat membuat pengalaman pengguna menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, gunakan cara ini dengan bijak dan hanya pada link yang memang perlu dibuka di tab baru.

You may like these posts